Senin, 19 Desember 2011

Bolu Kukus

Beberapa bulan yang lalu sempat demam bolkus, penasaaran banget ama kue yang satu ini karna menurut temen-temen millis bolkus ini terlmasuk kue yang gampang-gampang susah, jadi tertantang juga buat matahin kutukan si bolkus ini. Awalnya sie semangat dan Pe-De banget nggak bakal kena kutukan si Bolkus. Tapi apa daya setelah lebih dari 5x bikin hasinya semua sama, GATOT bok.... Bolkusnya banyak yang ngambek alias gak mekar hik...hik...hik... akhirnya kutukan itu menimpaku juga.
Padahal udah nyoba ganti resep sampe ganti kukusan, dari yang kecil, sedeng ampe yang segede-gede gaban. Pokok'e ribit banget
Patah semagat dan bosen juga akhirnya, secara hampir tiap hari yg dibikin bolkus mulu. Tapi tu bolkus selalu ludes walau bentuknya gak cantik.


Gak ada angin gak ada ujan,udah 2 hari berturut-turut bikin bolkus mulu. Oh....No... demam itu menyerangku lagi (lebay mode on).
Kalo sekarang demamnya bukan karna penasaran nich.... tapi demamnya karena bolkusnya akhirnya mekar juga (hore.....hore.... keplok-keplok sambil lompat-lompat) akhirnya kutukan itu telah terpatahkan (thx God) doaku terjawab sudah. ini dia penampakannya



Kue ini jadi favorit dirumahku, buktinya baru keluar dari kukusan dah jadi rebutan (doyan ato rakus tuh) hohohohoho.... kue ini emang paling enak dinikmati hangat (menurutku), teksturnya lembut dan kenyul-kenyul.
Ini resepnya

Bolu Kukus 200
By: Fatmah Bahalwan

Bahan :
200 gr   gula pasir
2 btr      telur
200 gr   tepung terigu
200 ml  air soda (misal: Sprite)
1 sdt     emulsifier (misal: SP)

Cara membuatnya:
  • Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
  • Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
  • Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
  • Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar